Minggu, 11 Maret 2012


CARA MENGATASI KUCING MENCRET
Hai, hai...
Nich tulisan mengingatkan aku saat pertama kali punya kitten. Tepatnya 2 bulan kemarin. Kittenku namae “Selly Landesa”. Aku adopsi dari petshop saat berumur 2,5 bulan. Sekarang sich umure udah 4,5 bulan. Baru menginjakkan kaki di rumah selama seminggu, Selly langsung drop, mencret, nafsu makan menurun, bahkan sampai jalannya aja terhuyung-huyung....
Binguuunggg..!!
Maklumlah coz baru pertama kali punya kitten persia medium. Slama ini slalu memelihara kucing lokal.
Nah, sekarang udah sembuh total. Selly terlihat aktif, ceria, dan lucu buanget.
Tak sia-sia aku cari tau lewat googling dan browsing siang malam.
Serasa pengen berbagi. Aku share cara mengatasinya. Smoga ada manfaat dan kitten di Indonesia gak gampang mencret. Hehehe....



FAKTOR PENYEBAB KUCING MENCRET/DIARE:
1. perubahan pola makan
makanan yang tidak biasanya dikonsumsi akan mengagetkan sistem pencernaan kucing, mikrobia usus tidak support. Akibatnya makanan tidak tercerna sempurna,timbul diare. Nah, makae untuk ganti makanan harus di lakukan bertahap. Sisakan makananan lama utk 1 minggu, kemudian mencampurkan sedikit makanan baru 25:75 , hari ke hari makanan baru di perbanyak. Lakukan ini sampai 2 minggu baru pindah full makanan baru. Pada awal ganti, pup akan lembek, ini hal biasa tetapi jika tiba2 pindah full bisa diare. Makanan sehat bagi kucing adalah perbanyak wetfood dibanding dryfood.
2. perubahan temperatur
kucing persia cenderung lebih rentan terhadap suhu dingin, usahakan kondisi lingkungannya tetap hangat.
3. infeksi
masuknya mikrobia patogen biasa juga menjadi penyebab mencretnya kucing kita.

P3K ATASI KUCING MENCRET/DIARE:
1.  Cari tau penyebabnya. Kalo masih belum tau...
2. Bawa dan Periksakan ke dokter hewan.
Jangan dibawa ke dukun atau bengkel ketok magic.
3. Bila cari dokter hewan sulit atau sobat nggak punya biaya buat ke dokter: “Saatnya kita jadi dokter pribadi darurat” buat kitten tersayang kita.

Di bawah ini ada beberapa panduan buat kamu Sang Dokter Darurat alias SDD. (hehehe...)

PANDUAN ATASI KUCING MENCRET/DIARE:

Jangan biarkan diare berkelanjutan ya, bisa menyebabkan luka di usus. Untuk pertolongan pertama bisa di kasih obat diare. Sobat bisa sesuaikan merk obat berikut dengan kitten sobat. Daftar merk obatnya sbb:
1.  Lodia 1/4 tab aja.
2. Flagyl.
Cuma yg ini pahit, kasihan kucingnya, kalo aku lebih pilih Lodia, lbh muda ngasihnya. Keduanya bisa di beli di apotik.
3. Entrostop ¼ tab aja. Bisa juga Diatab, Diapet, Biodiar, Imodium,dll...
Kittenku slama 3 hari aku kasi entrostop berangsur-angsur sembuh. Namun, dikemudian hari banyak yang komen kalo Biodiar lebih baik dari yang laen..
4.  Scourban.
Biasa digunakan bila diare kitten karena bakteri/mikroba jahat.

PANDUAN TERAPI UNTUK KUCING SELAMA SAKIT MENCRET/DIARE.
1.       TEMPE
bisa jadi salah satu alternatif makanan alami yang bisa meringankan diare sekaligus mengontrol populasi mikrobia penyebab diare.
caranya: cukup di campurkan pada makanan biasanya, kalo tidak mau makan, tempe bisa direbus pake kaldu ayam, untuk merangsang nafsu makan kucing.
2.       PUASAKAN KUCING.
Puasakan kucing dewasa 24 jam, anak kucing 12 jam. Jangan dikasih makan, cukup sediakan minum air putih. Diminumin VCO (Virgin Coconut Oil) 5 ml sehari kucing dewasa, 2,5ml kitten.

CATATAN:
pengobatan ada 2 jenis :
1. kausatif:
menghilangkan penyebab penyakit mencret yg bisa berupa cacing, bakteri, protozoa, racun(toxin) atau virus atau bisa juga gara2 makanan.
2. pengobatan symptomatis :
mengurangi atau menghilangkan gejala penyakit. Cara ini biasanya menggunakan obat2an, seperti yang tertera di atas.

Smoga bisa membantu....

18 komentar:

  1. Untuk cara meminumkannya ke kitten bagaimana yah?? Apakah obatnya harus dihaluskan dulu lalu diminumkan, atau obatnya di campurkan saja ke dalam minumam si kitten?? Mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dihaluskan atau dibuka mulutnya pijat2 tenggorokannya agar gak dimuntahin lagi

      Hapus
  2. Untuk memberikan obatnya bagaimana yah baiknya? Apakah dilarutkan dlu lalu diminumkan ke kitten, atau obatnya dilarutkan lalu dicampurkan ke minumannya si kitten? Mohon pencerahannya, trims :)

    BalasHapus
  3. gmn ya cara ngobati kucing yang poop nya itu Ada darah.. kyknya dia susah BAB jd berdarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. puff berdarah bisa karena cacingan, cacing menggerogoti usus, kasih obat cacing Drontal. Kalau masih juga berdarah berarti kena amueba atau protozoa maka segera kasih Flagyl (1 tablet dibadi menjadi 8-10 bagian, kasih 1 bagian kecil itu setelah makan 2x sehari.

      Hapus
    2. Kalo cacingan itu penyebabnya apa ya? Dan obat Drontal itu dijual di apotek atau nggak? Cara ngasih Drontal nya gimana?

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Itu tandanya dia haid kak

      Hapus
  4. tq ni infona cc... tp btw aneh lho masa kitty persia sy g doyan whiskas tp malah doyan nasi (hadeehhhh)??? saranya diterima tuh bawa ke dukun or ketok magic bole jg tu or bisa jg si di las sedikit.....

    BalasHapus
  5. Mba emang ngasih obat diare manusia gak terlalu keras buat usus mereka?
    aku takut makin parah dan mati aja >< makannya dikasih oralit dikit2.. kasian nih pup dimana2 gak bisa ketahan, sampe anusnya merah :(

    BalasHapus
  6. Obat2 di atas ada kah di apotek biasa mbak?

    BalasHapus
  7. Aku lg coba pake diapet aja ni mbk,,soalnya jd jijik ngeliat kucingny poop terus,,kasian jg sih,,malah 4 ekor lg,,pd mencret semua,,walah walah,,

    BalasHapus
  8. Trmksh... akan sy cb.. kucibgku mencret dh berhari2 ni. Unur sekitar 5 thn BB 5kg

    BalasHapus
  9. Kucing saya pun lg pup mencret nih, ni lg cb kasih entrostop anak ksh 1 cc pke suntikan tp jgn ikut jarum ny ya hahaha.. Smg sembuh kitten saya

    BalasHapus
  10. Saya mau tanya , kucing saya tdi.nya makanan nya kering ,trs saya kasih whiskas basah campur nasi ,kucing saya jdi mencret udh 4hri ,bahkan hari ini dri anus nya kluar trs pup encer sdkit" , apa penyebab makanan.nya , waktu itu saya bli 2rasa . Gmna solusi.nya , pas kmrin pup nya udh aga lmayan lembek eh saya ksih yg beda rasa mlh mencret Lgi , gmna solusi.nya kak

    BalasHapus
  11. Kitten saya umur 2 Minggu ngasih susu growsy trs nyusu induknya , bsknya mencret kuning gtu d kasih obat diapet boleh ga ka untuk umur 2 mingguan dan porsi obt nya semana mkash

    BalasHapus
  12. Kak untuk takaran entrostop yang cair sesendok teh seberapanya ya??

    BalasHapus